22.11.09

read aloud


pagi ini, ditemani dengan secangkir kopi, aku secara tidak sengaja melihat metrotv yang tengah membahas tentang read aloud.


read aloud jika diterjemahkan secara bebas, bisa berarti membaca secara lantang. maksudnya ada orang yang membacakan cerita buku dan ada yang dibacakan atau mendengarkan.


read aloud ini merupakan suatu komunitas para orangtua yang mencoba membacakan cerita setiap hari pada anak-anaknya. ternyata dampak positif yang didapatkan sangat banyak.


aku pernah dengar, "bacakan cerita sejak dini, bahkan ketika anak masih dalam kandungan." musik klasik itu baik, tetapi akan lebih baik jika anak mendengarkan sendiri suara kedua orangtuanya.


membacakan buku yang baik untuk anak dan juga baik untuk orangtua, akan banyak memberi dampak positif bagi anak. misalnya dalam hal kosakata dan komunikasi. seorang anak yang sudah mendengarkan cerita kurang lebih selama 300 jam, akan terlihat perbedaan kosakata dan caranya berkomunikasi dengan orang lain. ia akan menggunakan kata dan kalimat yang mungkin pernah ia dengarkan saat kegiatan bercerita.


ternyata di amerika sana, read aloud sudah memiliki panduannya berupa read aloud handbook sejak 30 tahun yang lalu. di indonesia baru saja diterjemahkan. hmmm... tergoda untuk mencari bukunya ;)



No comments: