16.2.14

Buat Mainanmu Sendiri

Memiliki mainan bagi anak-anak adalah wajib. Sama wajibnya seperti memiliki buku cerita menarik. Tapi bagaimana mendapatkan mainan yang sekaligus mengembangkan beberapa hal penting dan bukan hanya sekedar 'fun'? Kalau beli, seringkali harganya sangat mahal...

Aku mendapat ide dari permainan yang dulu sewaktu kecil sering kumainkan, ular tangga. Kemudian aku berniat membuat ular tangga berkolaborasi dengan anak-anak kelas Bumi. Karena angka 1-20 ditulis dari atas ke bawah, ular tangga ini kemudian diubah menjadi perosotan tangga. Dadu menggunakan kemasan biskuit bekas yang berbentuk kubus dan di setiap sisinya bergambar biskuit sejumlah 1-6.

Permainan ini cukup banyak membantu perkembangan pada anak, khususnya usia 4 tahun keatas. Anak-anak belajar memahami aturan sederhana permainan, bermain bersama, kerjasama, dan bergiliran. Mereka juga belajar tentang angka, penjumlahan sederhana, pemahaman posisi, maju-mundur, dan sebagainya. Mereka bisa menggunakan mainan miniatur atau membuat gambar dan kolase sendiri untuk dijadikan sebagai 'kojo' nya.

Ternyata, menbuat mainan sendiri menjadikan permainan itu lebih bermakna bagi anak-anak.

Penampakan permainan 'Perosotan ular'.

Aku menguji coba permainan, sebelum dimainkan oleh anak-anak.

Anak-anak kelas Bumi mencoba memainkan mainan baru mereka.

No comments: