14.12.16

DIY : Garland a.k.a Flag Banner

Pernahkah terpikir untuk membuat hiasan pesta sendiri?

Beberapa tahun lalu, aku pernah datang menghadiri pesta ulang tahun anak usia 6 tahun. Di rumahnya hiasan pesta semuanya nyaris dibuat sendiri. Taman belakang rumah dihiasi garland berwarna-warni yang digunting sendiri oleh anak yang berulang tahun. Mungkin dia lembur selama seminggu demi perayaan ulang tahunnya tapi ini sesuatu yang menarik. Bahkan souvenir yang diberikan pada semua tamu yang datang adalah sebuah cangkir bergambar karya-karyanya. Tiap tamu mendapatkan gambar yang berbeda. Terbayang stok karyanya banyak sekali. Saat itu aku kemudian berpikir, karya anak yang dibuat akan lebih berharga jika dijadikan benda yang terpakai.

Aku kemudian mengadopsi ide garland atau flag banner ulang tahun pada karya yang dibuat anak-anak di kelas pada kegiatan choice time. Garland ini dibuat sebagai hiasan untuk kegiatan pameran karya yang mengundang para orangtua. Tema garland yang dibuat adalah binatang-binatang teman Elmer si Gajah Perca yang bukunya sudah diceritakan di kelas.
Aku hanya menyediakan kertas berbentuk segitiga dan beberapa barang bekas yang dapat dimanfaatkan untuk berkarya. Setiap anak boleh membuat kepala binatang apa pun.


Elmer si Gajah Perca yang menjadi salah satu inspirasi karya anak-anak.


Semua garland yang dibuat kemudian disusun pada seutas tali panjang dan digantungkan di jendela sebagai hiasan kelas. Ide ini juga bisa diadaptasi untuk hiasan pesta atau syukuran ulang tahun anak-anak yang diadakan di rumah. Karena karya yang berguna tentunya lebih berharga.





Ayo buat hiasan pestamu sendiri...

No comments: