23.12.16

Kota Bandung

Membicarakan Bandung sebagai salah satu tema yang dibahas di kelas, cukup penting bagi anak-anak agar dapat mengenal lebih dalam mengenai tempat tinggalnya. Anak-anak membahas tentang tempat, budaya, permainan tradisional, makanan, dan juga ciri khas kota Bandung.

Di akhir tema, kolaborasi karya besar menjadi hal menarik yang dibuat bersama-sama. Berkunjung ke Gedung Sate dan melihat seluruh bangunan gedung dari jarak agak jauh menjadi salah satu kegiatan pembuka cakrawala anak sebelum berkarya. Dan tentu saja menggambarkan kembali objek yang telah diamati adalah tahapan untuk berkarya.



Melihat Gedung Sate dari luar pagar.

Salah satu gambar Gedung Sate yang terpilih untuk dijadikan sebagai karya besar.

Selain Gedung Sate, bangunan yang dipilih untuk dijadikan sebagai karya besar adalah Gedung Merdeka dan Masjid Agung (Alun-alun Bandung). Bandung Tour on Bus (Bandros pun terpilih menjadi objek yang akan dibuat dalam karya besar. Proses pembuatan karya besar, membutuhkan waktu kira-kira 7-10 hari. Karya dilakukan secara bertahap, bergantian, dan dibuat dalam bentuk kolase yang digabungkan menjadi bentuk objek yang utuh.

Proses pembuatan karya Gedung Sate :

Sketsa dibuat di kertas yang dipotong-potong menyesuaikan bentuk Gedung Sate yang akan dibuat.


Setelah sketsa dibuat, gambar kemudian diwarnai sesuai dengan warna Gedung Sate.


Proses pembuatan Bandros :


 


Anak-anak secara bergantian menggambar dan mewarnai dengan cat.

Lalu, semua karya yang sudah dibuat ditempelkan di dinding. Dan, selamat datang di Kota Bandung!

Proses penempelan karya.


Selamat datang di Bandung...





No comments: