24.6.13

Lelang Karya

Masih ingat dengan karya berukuran besar ini ? Saat belajar menjadi pengusaha, anak-anak kelas Bulan juga ada yang terinspirasi menjadi desainer pakaian, menjahit, dan menjualnya. Lalu mereka membuat rancangan dalam ukuran besar, mengambil ide dari karya yang pernah dibuat sebelumnya. Karya ini kemudian menjadi salah satu karya yang akan dilelang untuk amal. Proses pembuatan karyanya cukup panjang, kira-kira memakan waktu hingga 10 hari untuk 2 buah karya besar.

Qsara dan Revan kemudian menjadi 'relawan' untuk dicetak tubuhnya oleh teman-temannya di atas kertas berukuran besar. Seluruh karya ini dikerjakan secara bergantian pada waktu jeda, waktu bermain, dan waktu pilihan yang ada pada kegiatan inti di kelas.


Qsara yang sedang dicetak tubuhnya di atas kertas.

Revan sedang dicetak.

Setelah dicetak, teman-teman lainnya membantu menambahkan detil bagian pada gambar. Kemudian mereka menggunting kertas dan kain perca warna-warni untuk ditempelkan sebagai pakaiannya.

Menambahkan detil gambar.


Menggunting kertas dan kain perca.


Menempelkan kertas dan kain perca sebagai pakaian.

Setelah pakaian selesai dibuat, anak-anak kemudian bergantian untuk mewarnai bagian lain dengan menggunakan cat. Guru membantu meracik cat untuk membuat warna kulit, untuk warna bagian lainnya dipilih oleh anak-anak sendiri.

Inilah hasil akhirnya setelah gambar digunting.

Aku sempatkan berfoto dengan gambar anak perempuan sebelum ditempelkan dan diberi frame.

Aku dan Ditha berfoto dengan hasil karya anak-anak yang telah dilengkapi dengan latar belakang, sebelum diberi frame dan dilelang.

Pada acara family day, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah lelang karya untuk amal. Seluruh hasil karya anak dijual pada orangtua dan untuk karya-karya berukuran besar dijual dengan cara lelang. Untuk karya dengan ukuran lebih kecil dibuka dengan harga Rp. 50.000,- salah satunya adalah karya Giant Pizza ini, ketiga pizza itu berhasil terjual Rp. 150.000,- dengan lelang. Gambar anak laki-laki terjual seharga Rp. 250.000,- sedangkan gambar anak perempuan terjual Rp. 550.000,-. Ada beberapa karya lainnya yang terjual hingga harga Rp. 1,5 juta! Ternyata, anak-anak juga mampu membuat mahakarya yang dinilai mahal.

Pada hari itu, seluruh karya anak berhasil meraih penjualan hingga nyaris Rp. 3 juta/kelas diitambah dengan hasil karya yang dilelang, semua hasilnya kemudian dibelanjakan buku anak dan alat tulis, kemudian diberikan pada PAUD yang membutuhkan.GagasCeria kali ini bekerja sama dengan LSM Kebukit yang membantu menghubungkan dengan PAUD-PAUD tersebut.

Terima kasih banyak para orangtua yang sudah membeli seluruh karya anak. Terima kasih sudah berbagi ;)



1 comment:

Anonymous said...

bagus mbem