11.12.13

Menciptakan Mahakarya

Terinspirasi dari karya besar yang dibuat oleh anak-anak, akhir bulan September lalu aku mengajak guru-guru dari Medan yang magang di GagasCeria selama seminggu untuk menciptakan hal yang sama. Membuat mahakarya. Karya besar, karya yang berukuran besar dan juga bernilai besar. Karya yang menjadi inspirasi adalah karya Stegosaurus ini...

Karya besar yang dibuat oleh anak-anak TKA dengan bekerja sama.

Aku mendapat kesempatan untuk berbagi mengenai cara membuat karya besar yang biasa dilakukan oleh GagasCeria setiap tahunnya pada guru-guru yang berasal dari Medan. Tema yang diangkat adalah tentang dinosaurus. 

Jika anak-anak melakukan proses yang cukup panjang agar dapat berhasil menciptakan karya besar, maka teman-teman guru ini hanya diberi gambaran serta diajak melakukan prosesnya secara singkat. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka cakrawala para guru mengenai dinosaurus melalui buku-buku dan menonton film atau foto berbentuk slide show. Lalu mereka membuat kesepakatan kelompok dinosaurus yang akan mereka buat bersama-sama. Setelah sepakat, mereka memilih alat bahan yang akan digunakan dan memulai proses yang menyenangkan. Berkarya!





Guru-guru melakukan proses berkarya sampai lupa waktu ;)


Setelah tuntas, karya mulai dipajang.

Dan inilah hasilnya! Dalam waktu yang singkat, para guru berhasil mempraktekkan cara membuat karya besar dan mereka akan mencoba mengaplikasikannya bersama anak-anak sepulangnya ke Medan ;)


Suasana magang guru dari Medan.

Mau mencoba membuat karya serupa? 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat karya besar :
  • Kertas kalender berukuran besar.
  • Spidol kecil
  • Cat asturo atau cat yang aman bagi anak-anak.
  • Kuas 
  • Benda-benda bertekstur unik yang bisa digunakan untuk cap (misalnya spons cuci piring)
  • Kertas berwarna atau kertas bekas dengan motif yang berwarna (potongan majalah, bungkus makanan dsb).
  • Gliter atau payet dan bahan lain sebagai tambahan.
Proses yang harus dilakukan sebelum berkarya adalah membuka cakrawala mengenai objek atau tema yang akan dibuat. Buka cakrawala sebaiknya dilakukan dengan cara eksplorasi langsung, membaca berbagai buku tema serta menonton film yang berkaitan dengan tema. Karya dapat dibuat dengan cara membuat kolase dan gambar. Karya dapat diwarnai dengan berbagai cara, diwarnai dengan menggunakan cat, menempel potongan kertas, diwarnai dengan cap dan sebagainya.

Selamat mencoba ;)

1 comment:

Anonymous said...

eymm