17.2.14

Membuat Sendiri Pojok Dramatisasi

Kelas Bumi adalah kelas yang didominasi dengan anak-anak yang cukup memiliki minat yang tinggi dalam permainan dramatisasi (bermain peran). Apapun mainannya, seringkali mereka ubah menjadi properti untuk bermain peran. Dari pengamatan itu, aku memiliki ide untuk membuat pojok tempat mereka bermain peran. Pojok ini dibuat ketika tema 'Ruang dan Waktu' yang cukup banyak membahas tentang Dinosaurus. Anak-anak diberikan peran untuk ikut dalam menciptakan pojok bermainnya. Pojok bermain ini mudah dibuat di rumah juga untuk tempat anak-anak berekspresi.

Pojok pertama :
Tempat bermain dramatisasi mikro dengan menggunakan miniatur.



Anak-anak dapat bermain dengan menggunakan miniatur yang sudah tersedia, tergantung dengan tema cerita yang akan diangkat. Suasana untuk mendukung bermain peran seperti tanah dan padang rumput dibuat dengan menggunakan plastik berukuran besar (plastik sampul buku) yang dicat, danau dibuat dari potongan kertas mengkilap yang diremas untuk membuat efek air bergelombang. Gunung berapi dibuat dari remasan kertas koran yang dibungkus dengan amplop coklat bekas membentuk gunung. Pohon-pohon dibuat dari karya cap tangan anak-anak, rumput dibuat dari robekan kertas bekas. Dan anak-anak kini bisa menggunakannya langsung untuk membuat ceritanya sendiri...

Pojok kedua :
Tempat bermain dramatisasi mikro dua dimensi sekaligus menjadi bentuk display karya.

Latar tempat tinggal dino dibuat secara bersama-sama dengan melukis. 



Dinosaurus dibuat oleh anak-anak berbentuk kolase dan dilengkapi dengan gambar. Karya ini kemudian dilaminating dan bisa ditempelkan di atas lukisan yang sudah dibungkus plastik. Kolase dino bisa dipindah-pindah posisinya sesuai dengan cerita yang diinginkan oleh anak-anak.


Anak-anak bisa memainkan kolase dinonya di dinding. Kolase dino bisa diganti dengan gambar atau tema lainnya sesuai dengan minat anak.

Yuk, buat sendiri di rumah ;)

No comments: