11.3.14

Elmuloka & Membaca

Aku pernah menulis sedikit cerita tentang perpustakaan Elmuloka yang ada di sekolah GagasCeria. Jika ingin membacanya bisa klik di sini. Perpustakaan pasti tidak akan lepas dari kegiatan membaca dan juga buku-buku bagus yang harus dibaca. Aku sempat mengajak anak-anak kelas Bumi untuk mengunjungi Elmuloka untuk membaca buku pilihan mereka sendiri dan menceritakannya kembali. Meskipun mereka ada yang belum bisa membaca atau masih membaca dengan terbata-bata, tapi mereka semua antusias dengan buku yang sangat banyak.

Pada awal kegiatan di perpustakaan, anak-anak harus diberi penjelasan oleh pustakawan mengenai peraturan saat berada di Elmuloka.

Anak-anak kelas Bumi mendengar penjelasan dari ibu Karin.

Setelah mendengarkan penjelasan tentang aturan, mereka pun mulai mencari buku yang diminati lalu membacanya. Membaca di sini, bukan selalu membaca dan memahami makna cerita, tetapi mereka yang belum bisa membaca kata dan kalimat akan membaca gambar serta mengimajinasikan cerita versi mereka sendiri. Ada yang membaca dengan terbata-bata, ada pula yang sudah lancar dan berusaha memahami isinya. Lalu mereka diberi kesempatan untuk berbagi dan menceritakan kembali buku pilihannya di hadapan teman-teman lainnya. Membacakan kembali dengan singkat menggunakan kalimatnya sendiri. Anak-anak belajar untuk berbicara dalam situasi lebih formal dan belajar menyusun kalimatnya sendiri. Anak-anak yang menyimak akan belajar untuk menghargai orang lain yang sedang berbicara di hadapannya.

Anak-anak memilih buku kesukaannya masing-masing.



Ada anak-anak yang membaca buku bersama-sama, ada yang membacanya sendirian. Anak-anak yang sudah bisa membaca, tampak serius dengan bukunya masing-masing.

Adel bercerita tentang buku pilihannya di hadapan teman-teman lainnya.

Senang melihat mereka begitu menikmati buku. Kenikmatan membaca di Elmuloka ini tidak hanya terbatas untuk anak-anak di GagasCeria saja. Siapa pun yang berminat membaca di sana, sangat terbuka dan ditunggu keanggotaannya. Selain buku anak-anak, Elmuloka banyak memiliki koleksi novel dewasa, buku-buku parenting dan pendidikan untuk guru serta orangtua. Elmuloka pun sering mengadakan acara seru berupa pelatihan, workshop, serta games yang terbuka untuk siapa pun.

Pada Maret ini, Elmuloka akan kembali mengadakan acara untuk menambah koleksi bukunya. Dan, seperti biasa, acara ini terbuka untuk umum. Charity for Books akan ada di bulan Maret 2014! Ada beragam lomba, pertunjukan serta games yang boleh diikuti. Selain itu, dengan adanya acara ini, juga akan membantu mengumpulkan buku-buku baru untuk taman bacaan masyarakat lainnya. Lengkapnya, silakan lihat di posternya dan hubungi Elmuloka segera! ^^



Informasi dan pendaftaran bisa hubungi :
Sekretariat Panitia GagasCeria Charity for Books 3
Perpustakaan Elmuloka, SD GagasCeria, Jl. Malabar 61 Bandung 40262
Telp. (022) 7303086 ext 25
Senin-Jumat pk. 08.00-15.00 WIB


No comments: