29.6.14

"Ini telur apa?"

Ada sekeranjang telur misterius di tengah kelas yang ditemukan anak-anak seusai istirahat makan. Mereka bertanya-tanya, "Telur apakah ini?" dan tidak ada satu pun anak yang mampu menjawabnya. Beberapa anak mengeksplorasi telur-telur tersebut, bahkan ada yang belum percaya apakah semua telur itu benar-benar telur atau hanya mainan saja. Ia melempar telurnya, alhasil telur pun pecah satu. Ada telur yang retak dan mengeluarkan cairan. "Jangan ganggu, mungkin binatang di dalamnya sedang pipis. Kita ga boleh mengganggu!" seru seorang anak.


Beberapa anak yang penasaran dan terus bertanya-tanya, "Ini telur apa?"

Anak-anak kemudian membuat dugaan serta memegang isi pecahan telur. Ada yang berpendapat telur itu adalah telur burung, ayam, bebek, dan yang terbesar adalah telur DINOSAURUS! Ya. Ada sebuah telur berukuran paling besar, kulitnya kasar, dan sangat keras menyerupai batu. Anak-anak beranggapan telur tersebut adalah telur Dinosaurus.

Lalu, mereka berimajinasi, bagaimana seandainya telur dinosaurus itu tiba-tiba menetas di dalam kelas? Apakah kelas mampu menampung dinosaurus yang begitu besar? Apa yang akan anak-anak lakukan jika dinosaurus benar-benar ada di kelas mereka? Dan, dinosaurus jenis apa yang akan keluar dari telur itu?

Mereka pun mewujudkan imajinasinya dalam beberapa karya yang dibuat bersama-sama. Menurut Adel, telur dinosaurus itu adalah telur Stegosaurus.


Ide Adel muncul setelah membaca sebuah buku bergambar telur Stegosaurus yang menetas. Kemudian ia menggambarkan telur Stegosaurus menetas dalam ukuran besar, dibantu oleh beberapa temannya.


Alka memiliki pendapat lain mengenai jenis dinosaurus yang menetas dari telur. Ia sendiri lupa nama dinosaurusnya, namun Alka menjelaskan bahwa jika dinosaurus ini marah maka bagian tubuh berwarna merah yang ada di lehernya akan mengembang.

Lalu, anak-anak kembali berimajinasi. Seandainya banyak dinosaurus yang menetas dari telur-telur tersebut, mereka harus tinggal dimana? Mereka pun melukis imajinasi mereka tentang habitat tempat tinggal dinosaurus, dan membuat kolase dinosaurus imajinasinya masing-masing. Anak-anak ingin dinosaurus yang menetas dari telur itu adalah dinosaurus cantik dengan tubuh yang berwarna-warni.


Beberapa kolase dinosaurus imajinasi anak-anak dan lukisan tempat hidupnya yang bisa dimainkan sesuai dengan cerita yang mereka inginkan.

Apapun pendapat anak-anak mengenai binatang yang akan menetas dari telur misterius di kelas, mereka sudah mengembangkan imajinasi, kemampuan mereka dalam berpikir, serta mengemukakan pendapatnya tanpa harus dipengaruhi oleh teman-temannya yang lain, bahkan tidak terpengaruh dengan pendapatku sebagai guru. Mereka memiliki idenya sendiri yang sangat hebat! Mereka dengan karyanya yang unik.





* Cerita ini, merupakan alur singkat yang terjadi pada tema 'Menjelajah Ruang dan Waktu' di sekolah GagasCeria.

No comments: