23.1.10

how to train your dragon

imajinasiku terfasilitasi tanggal 17 januari minggu lalu. aku dapat kesempatan menonton 3D footage 'how to train your dragon' di XXI ciwalk *thanks to riane . film ini belum ada ending-nya, baru 2/3 nya saja tapi betul-betul menghibur dengan animasi dan ceritanya. kabarnya, film lengkapnya akan keluar di bulan maret tahun ini.


'how to train your dragon' diangkat dari novel anak dengan judul yang sama karya cressida cowell.

 

keduanya layak untuk dinikmati karena punya sisi menarik yang berbeda. walaupun seperti film-film lainnya yang diangkat dari novel - baca : ada tokoh yang berbeda dan alur yang sedikit berbeda, film ini benar-benar bisa memfasilitasi imajinasi tentang seekor naga dan mengubah pandangan tentang naga.

 

film ini bercerita tentang seorang anak bernama hiccup horredous haddock III (diberi nama hiccup karena ia memang suka cegukan). seorang anak harapan dan ahli waris tahta suku hooligan namun ia seringkali dihina karena lemah padahal ia adalah anak dari kepala suku. 
ayahnya sendiri begitu sangat meragukan kemampuannya. setiap kali datang naga di desa mereka, hiccup selalu diperintahkan untuk bersembunyi bukan dipercaya dan diberikan kesempatan untuk memburunya.
hingga suatu saat hiccup ingin membuktikan pada ayah dan juga teman-temannya bahwa dirinya bisa memburu naga dengan kemampuannya sendiri. ia mengambil alat semacam tembakan jaring untuk memburu naga dan pergi ke atas bukit. singkat cerita, hiccup berhasil menjaring naga namun tidak seorang pun yang dapat mempercayainya karena tidak terbukti secara fisik.
saat berjalan-jalan di hutan, hiccup menemukan jejak seperti benda jatuh berguling, ia mengikuti jejak itu dan ternyata benar ia telah berhasil menjaring naga. naga itu belum mati namun terjerat hingga tidak bisa bergerak dan hiccup mengeluarkan belati untuk membunuhnya. namun ketika menatap matanya, hiccup jatuh iba dan ia menggunakan belatinya untuk membuka jeratan di tubuh naga itu.
sejak itu, hiccup terus menemui naga dan mencoba memahami naga itu dari sisi yang berbeda. hiccup akhirnya mengurungkan cita-citanya sebagai pemburu naga.
namun, saat hiccup mengungkapkan pada ayahnya bahwa ia tidak mau lagi bercita-cita sebagai pemburu naga, saat itu pula ayahnya berubah pikiran. ayahnya memerintahkannya untuk menjadi pemburu naga sebagai penerus dirinya. titik.
hari-hari yang hiccup habiskan bersama sang naga yang diberinya nama toothless, membuatnya semakin menyadari bahwa semua yang selama ini ia dan suku hooligan yakini tentang naga adalah salah!

banyak nilai-nilai yang bisa diambil dari film ini. 
dari sisi seni, animasi 3D film ini begitu mengagumkan buatku. selain itu imajinasi benar-benar dibutuhkan walaupun memang lebih dibutuhkan saat membaca novelnya.
pelajaran yang bisa diambil, adalah pelajaran klasik 'dont judge a book by its cover', jangan menilai naga karena penampilannya yang menakutkan dan itu telah dibuktikan oleh hiccup terhadap toothless. ia dapat melihat suatu hal dari sisi yang berbeda.
selain itu *sebagai guru, aku melihat satu hal menarik dari film ini. sebagai orangtua, sebaiknya tidak memaksakan kehendak pada anaknya seperti yang dilakukan oleh ayah hiccup. beliau begitu tidak percaya akan kemampuan anaknya namun kemudian memaksakan kehendaknya tanpa menanyakan pendapat anaknya sedikit pun.

film ini adalah film yang benar-benar direkomendasikan untuk ditonton di bulan maret. sisihkan uang untuk menontonnya ;) 

sekali lagi, thanks to: 
- riane yang mengingatku dan adikku untuk ikut nonton gratis, semoga tidak berhenti sampai di sini saja kumpul-kumpul bloggernya ;D 
- mbak eva yang sudah memberikan undangan gratis buat para blogger dan juga mengundang 2 orang temanku sesama guru di GagasCeria
- my sist atas tebengan motornya menuju XXI ciwalk
- teman-teman lainnya yang sama-sama terpukau dengan film ini ;)


blogger team
kiri-kanan : riane, dini, aku, lily, my sist




teacher team
kiri-kanan : iin, risna, aku

5 comments:

Bayu Lebond said...

amankan dulu...

Bayu Lebond said...

ternyata aman...oke mabk...minggu gw ajak adis nonton deh...makacih ya...

rizka hany said...

mas... filmnya baru keluar bulan maret. aku nulis ini krn minggu lalu aku diundang buat nonton footage nya. baru 2/3 film yg jadi. jd sekarang baru ajang promosi ;) inget ya... bulan maret ajak adis nonton, jgn lupa kasih pengertian buat adis (3taun ya umurnya?) soalnya ada sedikit adegan bunuh2 naga...

riane said...

wuaaah bu guru sudah buat PR nyah... diri kuh belum buat movie footagenya

iyah baca review inih malah jai gak sabar nunggu bulan maret .. ^_^v

rizka hany said...

hiyaaaa.... tak sabar menanti ya ne...