17.7.11

Dari Jendela Kereta

Belajar tentang hidup dan kehidupan bisa didapat dari manapun. Bahkan dari jendela kereta. Dari pandangan mata bening anak-anak ini, mereka belajar tentang kehidupan yang berbeda. Kehidupan yang jelas jauh dari hidupnya tapi sebenarnya dekat di lingkungannya.



Termenung menjadi saksi begitu banyak orang sibuk berlalu-lalang menjalani aktivitas yang jarang ditemuinya. Ternyata, ada kehidupan lain di luar rumah, di luar sekolah.



Menemukan hal baru, menjadi saksi mata, pergi ke tempat berbeda selalu menjadi motivasi untuk belajar banyak hal. Ekspresi antusias terpancar dari mata-mata bening dan celoteh pertanyaan banyak terlontar.








Mengamati rel kereta yang panjang dan terus jauh ke depan, serupa perjalanan hidup anak-anak ini. Panjang, berliku dan harus dilalui dengan perjuangan. Mereka belajar melalui jendela mengenai berbagai kehidupan lain yang terkadang belum pernah terbayang sebelumnya. Gerbong kereta lain, sawah, sungai dan bahkan rumah kumuh di sisi rel kereta menjadi hal yang membuat penasaran.






Jendela kereta, bagaikan mata yang membuat kita melihat tentang berbagai kehidupan yang jauh dari kehidupan kita sendiri namun dekat dengan lingkungan. Banyak hal yang diperlihatkan oleh jendela kereta yang mungkin akan membuat bersyukur memiliki kehidupan yang dijalani saat ini.

#Foto-foto adalah dokumentasi kegiatan outdoor KLAB GagasCeria tahun 2009 dan 2011

No comments: