11.12.11

Petualangan Bertemu Alien

Ada -seekor, seorang, sebuah atau apapun sebutannya- alien yang datang ke bumi dengan mengendarai UFOnya. Namun ketika ia berjalan-jalan, alien itu terpisah dan kehilangan UFOnya. Ia sedih dan meminta bantuan detektif untuk mencarikan UFOnya.

Detektif beraksi mencari UFO yang hilang.

Detektif Kayla dan Atha mencari petunjuk jalan melalui peta.

Detektif Tiara serius mengamati peta besar. Takut nyasar.

Detektif Dhisa, Yasmin dan Naila, bekerjasama, diskusi agar misi berhasil.

Karena kerja keras para detektif akhirnya usaha mereka membuahkan hasil. UFO yang hilang berhasil ditemukan dan dikembalikan pada alien. Alien begitu senang dan ia mengundang para detektif untuk datang mengunjungi planet tempat tinggal mereka.

Detektif kemudian merancang roket untuk pergi ke planet tempat tinggal alien.

Roket rancangan detektif Rafirao dan Aiyla

Akhirnya, para detektif pergi memenuhi undangan alien untuk datang ke planet tempat tinggal alien. Ternyata di sana, detektif bertemu dengan teman-teman alien yang memiliki bermacam-macam bentuk dan warna. Mereka sangat menarik dan baik.

 Alien karya Rafirao dan Abiel

Alien karya Kochi dan Naila

Alien karya Meira dan Alina

Alien karya Syaniq dan Atha

Detektif dan alien kemudian berpetualang berkeliling dari planet satu ke planet lainnya dengan mengendarai roket. 

Karya Alina

Karya Rafirao

Karya Naila

# Karya ini dibuat pada tema "Catatan Harian Detektif Teka-Teki Luar Angkasa."
  • Karya roket dibuat secara terpimpin dengan melipat kertas. Untuk detil bagiannya, semua anak-anak boleh memilih bahannya sendiri. Bahan-bahan yang tersedia adalah payet, benang, pita, kertas krep, potongan piring kertas bekas dan sisa-sisa kertas berwarna.
  • Karya alien dibuat dengan cara menggambar. Semua anak boleh memilih bentuk kepala yang sudah ada, kemudian mereka melanjutkan membuat badan aliennya. Sebelumnya mereka sudah membaca buku, menonton film dan slide foto serta bermain kartu alien untuk membuka wawasannya mengenai bentuk alien.
  • Kertas alas (luar angkasa) dibuat dengan membuat pola/motif menggunakan crayon. Motif berasal dari kertas bertekstur dan plate lego yang diletakkan di bawah kertas kalender berukuran A3, sehingga memunculkan tekstur/motif ketika diwarnai dengan crayon. Lalu kertas A3 dicat dengan menggunakan cat encer atau bisa menggunakan pewarna makanan. 
  • Dataran planet diberi tekstur dengan menabur pasir yang dicampur dengan pasir berwarna. Lalu diberi tambahan sedikit taburan atau tempelan payet. Taburan pasir dipoles lagi dengan lem fox yang dicairkan agar tidak mudah lepas.
  • Gambar alien dan hasil lipatan roket digabungkan di kertas A3 (planet). Kemudian ditambahkan bentuk bintang-bintang yang dibuat dengan cara mencocok. Anak-anak belajar mengurutkan bintang dari ukuran terkecil hingga yang paling besar.
Foto-foto dokumen kelas Awan TK GagasCeria Bandung

4 comments:

Anonymous said...

Subhanallah bu kika. I'm proud of you!

hotarukika said...

alhamdulillah.... makasih banyak :)

yulita said...

good job bu Qika...
subhanallah... ada hidayah Allah dalam karya anak2 kita..

agigratia said...

Keren banget! Tapi.... Bu guru..... AKU KO GA DIAJAK!? UFO ku juga ilang nih...