18.12.10

kesempatan untuk berbagi

Sudah 5 tahun aku menjadi guru, tapi impianku sejak dulu menjadi pembicara yang memberi pengaruh positif bagi orang lain baru tercapai kira-kira setahun lalu. Lebih tepatnya pada Agustus 2009. Sebenarnya, aku mulai sering menjadi pembicara di kalangan terbatas. Aku sering memberi bahan workshop untuk para orangtua murid dalam berbagai tema. Tapi di luar, baru sekali aku berbagi.


Ya, aku memang ingin menjadi pembicara di hadapan banyak orang. Berbagi ilmu yang aku punya agar semua orang pun punya. Karena aku yakin, dengan berbagi, ilmu tidak akan pernah berkurang tapi malah akan berkali-kali lipat banyaknya.


Kesempatan ini aku dapat dari mahasiswa yang sedang KKN di daerah Ciwidey. Mereka membutuhkan pembicara yang mengerti tentang dunia pendidikan anak dan aku dengan percaya dirinya mengajukan diri. Aku diminta untuk menyampaikan materi tentang ide kegiatan menarik untuk anak-anak --- kalau tidak salah. Akhirnya aku membuat semacam workshop tahapan berkarya untuk anak-anak yang paling sederhana. Awalnya aku ragu, apa aku, yang notabene adalah guru muda dengan pengalaman minim akan diterima oleh warga dan guru di sana. Ternyata, antusiame mereka sangat besar dan aku sangat dihargai. Pertanyaan yang datang bersaut-sautan dan banyak yang ingin mencoba berkarya seperti contoh yang aku buat.


Pelajaran yang aku dapat, mereka yang berada di pelosok sangat semangat belajar. Salut!


Aku, di hadapan warga desa yang semangat belajar

Aku, menjawab pertanyaan yang berdatangan

Membuka cakrawala melalui buku cerita, proses untuk berkarya

Mulai berkarya dengan menggunakan media barang bekas

Inilah mereka yang semangat belajar

Aku, di antara mahasiswa KKN dan beberapa guru PAUD di Ciwidey

Semoga sedikit yang aku ketahui, bisa memberikan manfaat buat semua yang berniat untuk belajar.
Terimakasih telah memberiku kesempatan untuk berbagi ^^








No comments: