26.5.13

Elmuloka : Anak-anak pun Punya Perpustakaan


Perpustakaan adalah investasi masa depan. Seperti halnya dengan anak-anak yang menjadi masa depan dari generasi yang ada sekarang. Berangkat dari pemahaman tersebut, sekolah GagasCeria membangun perpustakaan yang diresmikan pada tanggal 15 Agustus 2007. Kegiatan 'charity for books' mengawali terbentuknya perpustakaan yang kemudian diberi nama Elmuloka yang berarti tempatnya ilmu. Perpustakaan ini kemudian telah mendapatkan ijin dari Dinas Pendidikan Kota Bandung sebagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM) pada tahun 2012.

Elmuloka adalah perpustakaan PAUD yang diperuntukkan bagi anak-anak, guru, dan juga orangtua. Sebagian besar koleksi bukunya memang buku-buku untuk anak dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan beberapa bahasa asing lainnya dengan berbagai kategori. Elmuloka yang berada di lingkungan sekolah playgroup, taman kanak-kanak, dan SD GagasCeria ini juga menyediakan buku-buku pendidikan bagi guru anak usia dini serta buku-buku parenting bagi orangtua yang memiliki anak usia dini hingga remaja yang jumlahnya melebihi 10.000 buku. Tapi jangan salah, ada juga sudut untuk novel-novel anak dan juga dewasa. Selain itu, Elmuloka juga memiliki koleksi film pendidikan yang jumlahnya melebihi 400 judul.

Tempatnya yang cukup luas dan nyaman, membuat betah untuk berlama-lama 'mojok' untuk membaca buku. Ingin mencari inspirasi untuk bermain dan berkegiatan dengan anak-anak, Elmuloka cukup banyak memberi fasilitas dengan buku-bukunya yang beragam.Elmuloka juga membuka keanggotaannya untuk masyarakat umum, tidak terbatas warga sekolah GagasCeria saja. Jika warga GagasCeria tidak dipungut bayaran untuk menikmati fasilitasnya, maka masyarakat umum bisa membayar Rp. 25.000,- saja per kartu anggotanya. Jika kartu sudah penuh terisi, bisa merefillnya dengan Rp. 15.000,- saja.

Elmuloka juga kerap mengadakan berbagai acara yang berkaitan dengan buku. Misalnya kegiatan Charity for Books yang merupakan kegiatan pengumpulan dana untuk menambah koleksi buku bagi anak-anak dan juga dewasa, Sister school yang mengajak sekolah-sekolah lain datang berkunjung untuk membaca buku dan melakukan kegiatan bercerita, Workshop, Hari buku, lomba Reading Wall, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Salah satu sisi rak buku anak-anak

Tempat 'mojok' guru dan orangtua

Fasilitas untuk menonton film tentang pendidikan

Ruangan perpustakaan yang luas

Tempat anak-anak biasa 'mojok' untuk membaca

Ingin menjadi anggota dan bagian dari Elmuloka? Silakan hubungi ibu Karin

Tertarik menjadi anggota? Silakan hubungi ibu Karin di perpustakaan Elmuloka, GagasCeria Innovative Education jl. Malabar 61 Bandung 40262 atau bisa telpon ke 022-7303086 ext. 25

Selamat membaca dan membuka cakrawala bersama Elmuloka ;)

1 comment:

Anonymous said...

mau bikin sendiri aja nanti. buat mewujudkan mimpi orang cihanjuang