22.1.14

Serunya Jalan-jalan (Kaki)

Seringkali kita mendengar kata 'jalan-jalan' yang berarti pergi berkendara dengan menggunakan mobil atau motor menuju suatu tempat atau mungkin jalan-jalan ke mall. Kata 'jalan-jalan' itu kini jarang sekali diartikan sebagai berjalan kaki meski dalam jarak yang tidak terlalu jauh. Hal itu seringkali mengakibatkan anak-anak kini tidak biasa berjalan jauh dan (jelas) tidak akan kuat berjalan jauh.

Satu waktu, aku menyempatkan mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan ke luar kelas. Berjalan-jalan kaki dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Mereka saling bergandengan tangan menjaga teman, mengamati berbagai hal yang ada di lingkungan sekitar, dan mereka pun menemukan hal baru. Saat lelah, mereka istirahat duduk di pinggiran jalan dan narsis minta foto bersama ;)


"Bu Kika, ini bunga apa?" ~ Alendra

"Lihat ini ada bekicot! Sini aku aja yang pegang." ~ Ghanisya.

"Bu, foto dong!" ~ kelas Bumi.

Saat kembali lagi ke kelas, banyak cerita yang mereka bawa dari perjalanan (kaki) yang tidak terlalu jauh. Ghanisya mengajak beberapa orang temannya untuk menyelamatkan bekicot yang ditemukan di jalan. Sekelompok anak sempat mampir 'menyapa' kucing yang sedang menyebrang dan mengamatinya dari jarak dekat. Ternyata, dari sebuah jalan-jalan (kaki) jarak dekat, anak-anak mendapatkan banyak hal. Yuk, sering-sering ajak anak jalan-jalan (kaki) untuk menikmati keseruannya ;)

No comments: